113 Tahun Muhammadiyah sudahkah ber-Pancasila?

Peringati Milad Muhammadiyah 113 tahun, SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada hari Kamis, 07 Juli 2022. Tema yang diusung pada FGD ini yaitu “Songsong Era Pelajar Muhammadiyah Pancasila” dengan menghadirkan dua pemateri. Pemateri pertama yaitu Hasanudin, S.Pd.I, M.Pd.I. yang merupakan Ketua Badan Kerjasama Sekolah SMP Muhammadiyah Sleman sekaligus Kepala Sekolah SMP Mugadeta dan pemateri kedua yaitu Azhar Basyir, M.Pd. selaku Ketua Bidang Kaderisasi DPD IMM DIY sekaligus Waka ISMUBA Mugadeta. FGD ini diikuti oleh bapak/ibu guru dan karyawan, orang tua/wali siswa, dan siswa-siswi SMP Mugadeta secara virtual/ online yang ditayangkan langsung dalam Kanal Youtube Mugadeta Channel.

Tema yang diusung dalam Focus Group Discussion ini sangat tepat dan selaras dengan kemajuan jaman khususnya di bidang kurikulum pendidikan. Sesuai yang disampaikan oleh Hasanudin, S.Pd.I., M.Pd. mengatakan bahwa dengan semangat Al-Ma’un yang senantiasa berbagi dengan yang lain, semangat jama’ah, semangat tidak individu, dan semangat perkumpulan persyarikatan maka 113 tahun Muhammadiyah tetap berdiri. Kemudian berbicara tentang Pancasila, Muhammadiyah tidaklah asing dengan Pancasila. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya tokoh Muhammadiyah sekaligus Pahlawan Nasional seperti Kasman Singodimedjo, Ki Bagus Hadikusumo yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Abdoel Kahar Moezakir merupakan salah satu anggota Panitia Sembilan yang berperan sangat aktif dalam melahirkan Pancasila serta tokoh Muhammadiyah lainnya. Maka tidaklah salah apabila Muhammadiyah mengujarkan bahwa Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah yang berarti sebagai negara kesepakatan dan persaksian.

Azhar Basyir, M.Pd. menjelaskan bahwa tema yang diusung yaitu era baru Pelajar Muhammadiyah Pancasila merupakan suatu hal yang baru namun sudah sering kita lakukan terutama di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari peneguhan Pelajar Muhammadiyah. Sebagai Pelajar Muhammadiyah sejatinya sudah menerapkan sebagai Pelajar Pancasila. Sejatinyapun tujuan Pendidikan Muhammadiyah sudah selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Dalam kesempatan ini, Azhar Basyir, M.Pd. juga memaparkan bahwa Profil Pelajar Muhammadiyah Pancasila ada 6. Pertama beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia selaras dengan beriman, islam, dan ihsan. Kedua berkebhinekaan global selaras dengan toleransi. Ketiga, gotong-royong selaras dengan toleransi. Keempat, mandiri. Kelima, bernalar kritis selaras dengan istilah ijtihad. Keenam, kreatif.

Momen Milad Muhammadiyah 113 melalui FGD ini merupakan bentuk ikhtiar bapak/ibu guru SMP Mugadeta dalam menyongsong peserta didik memiliki profil yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila maupun Profil Pelajar Muhammadiyah Pancasila. Kegiatan-kegiatan pembelajaran di SMP Mugadeta mengarah kepada Pelajar Muhammadiyah Pancasila sehingga akan didapatkan bagaimana idealnya Pelajar Muhammadiyah Pancasila. (Indriyati)

Tautan link youtube: https://youtu.be/EtK3_iIr6U0