SMP Muhammadiyah 3 Depok > Berita > Meriahnya Penutupan FORTASI Mugadeta dengan Inaugurasi

Meriahnya Penutupan FORTASI Mugadeta dengan Inaugurasi

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) melaksanakan rangkaian kegiatan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan tema Merajut Persaudaraan dan Kebersamaan untuk Kesuksesan pada hari Senin s.d. Kamis, 10 s.d. 13 Juli 2023. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, tiga hari dengan kegiatan pemberian materi dan hari keempat inaugurasi yang sekaligus lauching Mahkota. FORTASI tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya karena terdapat inaugurasi yang membuat lebih menarik dan meriah.

Peserta didik baru di kelas 7 wajib mengikuti FORTASI karena kegiatan ini merupakan salah satu wadah yang bertujuan agar anak-anak bisa mengenali lingkungan sekolah, bapak/ibu guru, kebiasaan, dan budaya sekolah. Tak hanya peserta didik yang antusias mengikuti kegiatan FORTASI, namun bapak/ibu guru dan karyawan yang bertugas sebagai panitia maupun pendamping juga merasakan hal yang sama.

Serangkaian FORTASI ini dimulai dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh bapak/ibu guru serta karyawan dan peserta didik kelas 7, 8, 9 di Lapangan Kompleks Kolombo. Kegiatan pada hari pertama penyampaian materi Madrasati Jannati yang berupa pengenalan SMP Muhammadiyah 3 Depok, guru/karyawan, dan mata pelajaran maupun ekstrakulikuler. Penyampaian materi berikutnya dengan judul Aku Harus Tau kemudian dilaksanakan safari sekolah.

FORTASI pada hari kedua, materi yang disampaikan meliputi Keislaman dan Kemuhammadiyahan serta dilanjutkan materi Ke-IPM-an. Setelah penyampaian materi, diadakan Focus Group Discussion FGD tentang Ke-IPM-an dengan tema Profil Pelajar Mugadeta. Pada hari ketiga, kegiatan berupa penyampaian materi tentang Loving, Caring, and Keeping Our Body dengan narasumber Dimas Ariyanto, S.Sos dari Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Sleman. Kemudian diadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang materi tersebut.

Puncak kegiatan FORTASI merupakan momen yang ditunggu baik peserta didik kelas 7 maupun kelas 8 dan 9. Hal itu karena dalam puncak kegiatan diadakan inaugurasi. Kegiatan ini dikemas menarik dan menyenangkan agar dapat menjadi kenangan indah peserta didik kelas 7 sebelum kegiatan Fortasi tahun 2023/2024 ini ditutup. Kelas 7 yang terbagi menjadi 4 kelas secara berurutan menampilkan unjuk kreasi peserta didik. Ada pula penampilan vokal grup dari peserta didik kelas 9 serta tari Sasmita Manunggal, Abyor, dan Nirmala yang dilakukan oleh tim tari Mugadeta di bawah asuhan Mei Nur Dyah, S.Pd. selaku guru Seni Tari SMP Mugadeta. Kemudian, penyerahan hadiah class meeting dan penganugerahan peserta didik terbaik FORTASI. Selain itu, dilakukan pula launching Majalah Mugadeta (MAHKOTA).

“FORTASI merupakan wadah bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan dan warga sekolah. Melalui penyelenggaraan FORTASI yang telah terlaksana selama empat hari ini, harapannya dapat menumbuhkan perilaku dan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah serta menumbuhkan persaudaraan dan kebersamaan sesuai dengan tema Fortasi 2023/2024 yakni merajut persaudaraan dan kebersamaan untuk kesuksesan”, ungkap Ines Alifah W.H., S.Pd. selaku guru IPS sekaligus Ketua Panitia FORTASI Mugadeta 2022/2023. (Indriyati)