Pertama di Jogja, SMP Mugadeta Gelar Quranic STEAM untuk SD/MI

SMP Muhammadiyah 3 Depok (SMP Mugadeta) mengadakan Dauroh Quranic STEAM pada hari Jumat, 7 April 2023 di Aula SMP Mugadeta. Dauroh Quranic STEAM ini merupakan pelatihan mamadukan pembelajaran Al Quran, Science, Technology, Engineering, Art, dan Math. Pelatihan ini diikuti oleh peserta didik kelas 4,5, dan 6 SD/MI se-DIY.

Dauroh Quranic STEAM tersebut diawali dengan registrasi peserta pukul 07.00 WIB dan diakhiri dengan buka puasa bersama sekaligus sholat Magrib berjamaah. Kelas pertama dalam pelatihan ini yaitu Kelas Tahsin dan Tahfiz dengan tentor Ustaz M. Hanif Atriansyah selaku imam Masjid Al-Huda Perum Pertamina Yogyakarta. Kelas berikutnya yaitu roket air dengan tentor Andrieka Budi Sulistyoadi, S.Pd. selaku guru roket air SMK Penerbangan. Dalam kelas roket air ini, peserta tidak hanya mendapatkan materi tentang membuat roket, tapi juga praktik membuat roket. Hasil roketnya pun diujicobakan dengan diterbangkan.

Kelas selanjutnya yaitu astronomi dengan tentor Drs. Mutoha Arkanudin selaku Ketua Badan Hisab dan Rukyat DIY. Dalam kelas ini, peserta mendapatkan materi penentuan waktu sholat dan arah kiblat. Selain itu, peserta juga diajarkan membuat jam istiwa dan praktik langsung menggunakan jam istiwa di lapangan Kompleks Kolombo (daerah yang terpapar langsung sinar matahari).

Pada saat unjuk karya, produk karya peserta dipamerkan kepada orang tua/wali peserta yang turut hadir saat puncak kegiatan Dauroh Quranic STEAM tersebut. Sebelum kegiatan ini berakhir, peserta dan orangtua mengikuti kajian menjelang buka puasa dengan pembicara Ustaz Ary Gunawan, S.Pd. Kemudian kegiatan ini ditutup dengan penganugerahan peserta terbaik dan pemberian buket oleh Hasanudin, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Mugadeta.

Dalam kesempatan tersebut, Hasanudin, S.Pd.I., M.Pd.  mengungkapkan bahwa tujuan diadakan kegiatan Dauroh Quranic STEAM ini untuk mempelajari Al Quran dengan memadukannya Science, Technology, Engineering, Art, and Math (STEAM) agar bisa mendekatkan para peserta dengan Al Quran melalui cara yang lebih nyata. (Eko Priyantoro)