PROSES KADERISASI TAK BERHENTI DI MASA PANDEMI

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan bagi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) pada hari Rabu hingga Jum’at, 15 hingga 17 Desember 2021. Kegiatan ini dinamakan Pelatihan Kader Taruna Melati/ PKTM 1 dan  dilaksanakan secara offline di Ruang Serba Guna SMP Mugadeta dengan menerapkan protokol kesehatan.  Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah Pimpinan IPM periode 2021-2022 sebanyak 47 siswa.

PKTM 1 ini merupakan kegiatan perkaderan IPM Periode 2021-2022 untuk mempersiapkan kader IPM yang memiliki nilai-nilai kepemimpinan. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain: Keislaman, Leadership, Kemuhammadiyahan, Ke-IPMan, dan outbond. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat diskusi terkait penyusunan program kerja PR IPM selama 1 tahun ke depan. Terlibat juga sebagai fasilitator dalam diskusi tersebut 7 Pimpinan Daerah IPM Sleman yang membantu peserta untuk menyusun program yang akan dilaksanakan.

Hasanudin, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Depok pada saat memberi sambutan berpesan tentang beberapa hal. Pertama, bersyukurlah lebih dahulu baru bahagia, jangan mendapatkan kebahagiaan baru bisa bersyukur. Kedua yaitu sibukan diri dengan kegiatan positif agar tidak takut dengan apa yang akan kita lakukan. Ketiga, bahwa IPM seperti tubuh manusia, maksudnya satu sama lain saling menguatkan, satu sama lain saling pengertian, dan berjalan dengan baik. (Indriyati)