Review Kurikulum SMP Muhammadiyah Depok 3 Sleman Sukses Terlaksana

Depok, 23 Oktober 2023 – SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman menyelenggarakan acara penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di lingkungannya. Acara yang berfokus pada review kurikulum ini dihadiri oleh sejumlah tokoh pendidikan dan pemangku kepentingan di wilayah Sleman, Yogyakarta.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Aula SMP Muhammadiyah 3 Depok, hadir sejumlah tokoh penting, antara lain Ketua Dikdasmen PNF PDM Sleman, Bapak H. Surakhmad, S.Pd, Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Bapak Sunarta, S.Pd, Drs. Wardoko sebagai perwakilan dari Komite Sekolah, dan Ketua Dikdasmen PNF PCM Depok, Dr. Widodo.

Rangkaian acara dimulai dengan kedatangan peserta yang melakukan proses registrasi dari pukul 13.00 hingga 13.15. Pembukaan acara dilakukan dengan khidmat, dimulai dengan Pembacaan Kalam Illahi, diikuti oleh menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Sang Surya. Kemudian, Kepala Sekolah menyampaikan sambutan pembukaan.

Salah satu bahasan utama dalam acara ini adalah Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), yang merupakan kurikulum merdeka di tingkat satuan pendidikan. Kurikulum ini menjadi pedoman bagi seluruh penyelenggaraan pembelajaran. KOSP diimplementasikan pada kelas 7 dan 8, sementara KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) diimplementasikan pada kelas 9 Pada tahun pembelajaran 2023/2024.

Dalam sambutannya, Bapak H. Surakhmad, S.Pd, memberikan usul agar MUGADETA dapat mengembangkan diri menuju Sekolah Digital, dengan harapan agar prestasi MUGADETA terus meningkat.

 

Selain itu, Ibu Silvia Friska, sebagai perwakilan wali murid dari Ananda Fathan, mengusulkan upaya optimalisasi capaian pembelajaran ISMUBA (al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab).

Acara ini memberikan ruang bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MUGADETA. Dengan demikian, diharapkan bahwa sekolah ini akan terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berkomitmen pada pengembangan kurikulum yang relevan serta berfokus pada penguasaan kompetensi yang holistik untuk peserta didiknya. (Afghan)