WISUDA KIBAR SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) menyelenggarakan kegiatan Wisuda Kibar pada hari Sabtu, 29 Februari 2020 bertempat di Masjid Besar Jendral Sudirman. Kegiatan ini merupakan wujud apresiasi kepada peserta didik yang sudah menyelesaikan program Baca Tulis Alquran menggunakan metode Kibar. Kegiatan ini diikuti oleh 142 siswa dan siswi bersama orangtua wali pendamping.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok (PCM Depok) Bapak Drs. H. Jumiran, M.Pd.I. dan Ibu Dra. Ida Uswatun Khasanah, M.Pd. selaku pengawas Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya, Ibu Ida menyampaikan apresiasi kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang sudah menyelesaikan program Kibar. Beliau memotivasi wisudawan dan wisudawati berserta orang tua wali untuk terus membaca dan mengamalkan Alquran. “Sekarang sudah lancar membaca, selanjutnya ditambah hafalannya dan rutin membaca.” Demikian disampaikan Ibu Ida dalam sambutannya.

Ketua PCM Depok turut mengapresiasi dan mengharapkan seluruh wisudawan dan wisudawati terus Istiqomah beribadah menjadi putra-putri yang shalih dan shalihah. “SMP Mugadeta sebagai amal usaha Muhammadiyah dengan berbagai program positifnya harus didukung dan diteruskan di rumah, khususunya shalat dan membaca Alquran.” Demikian disampaikan Bapak Jumiran.

Dalam kesempatan ini hadir pula Ustadz Iwan Rustiawan, S.Sos.I., salah satu penggagas dan penggerak metode Kibar. “Kibar ini merupakan pengembangan dari metode Iqro’ dengan percepatan menjadi 3 jilid saja, yaitu Kibar A, B, dan C. Kibar sendiri merupakan kependekan dari Kreatif, Inovatif, Brilian, Aktif dan Religius.” Demikian disampaikan Ust. Iwan dalam tausyiahnya.

Wisudawan dan wisudawati mempersembahkan murojaah Hafalan surat Al Fajr dan doa khatmil Qur’an. Terdapat sepuluh wisudawan terbaik dan tercepat dengan predikat Mumtaz yang sudah melanjutkan program hafalan.